Selasa, 26 Februari 2013

Bid'ah, problem ?

Bid'ah itu buruk ? masa iya ?
nih tak ksh tau. Memang ada sabdanya tentang bid'ah :
1.Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda : Barangsiapa yang mengada-adakan sesuatu hal yang baru dalam perkara kami ini yang tidak ada (perintahnya dari kami) maka tertolak (H.R alBukhari dan Muslim). Dalam riwayat Muslim: Barangsiapa yang beramal dengan suatu amalan yang tidak ada perintah kami, maka tertolak.
Lagi
2.RASULULLAH SAW bersabda : sebaik2 ucapan adalah kitab ALLAH. Sebaik2 petunjuk adalah petunjuk Muhammad , sejelek2 perkara adalah perkara yg baru dan setiap bid’ah itu kesesatan (HR Muslim 867)
Dari kedua sabda tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa bid'ah itu buruk. Tapi ada sabda lain : 3.RASULULLAH SAW bersabda : Barang siapa yg memulai perbuatan baik dalam islam maka ia akan memperoleh pahalanya, dan pahala orang2 yg melakukannya sesudahnya tanpa di kurang sedikitpun pahala dari mereka dan barang siapa yg memulai perbuatan jelek maka ia akan memperoleh dosanya dan dosa orang2 yg melakukan sesudahnya tanpa di kurangi sedikitpun dari dosa mereka (HR Muslim 1017)
Nah dari sabda yang ketiga inilah kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Bid'ah itu ada dua, Bid'ah hasanah ( Terpuji ) dan Bid'ah dhalalah ( Tercela ). Nah udah tau kan, makanya jangan terlalu fanatik :)

Artikel Terkait

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply
:Deezclan